Kamis, 27 April 2017

Yakin Kepada Allah

Yakin Kepada Allah


Alhamdulillah. Segala puji hanya miliki Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Kuasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita termasuk orang-orang yang ahli takwa. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.
Saudaraku, keberuntungan hidup, ketenangan dan kebahagiaan itu berbanding lurus dengan tingkat keyakinan kita kepada Alloh Swt. Karena pangkal terpenting dalam hidup kita adalah keyakinan kepada Alloh. Orang yang tidak yakin kepada Alloh, dikelilingi dengan fasilias semewah apapun pasti hidupnya tidak tenang dan jauh dari rasa bahagia yang sejati.
Untuk memiliki keyakinan kuat kepada Alloh jalan yang pertama adalah dengan ilmu. Penting bagi kita mempelajari ilmu tauhiid, belajar tentang sifat dan asma Alloh Swt. Ilmu merupakan pupuk iman, ilmu adalah pemandu amal. Rosululloh Saw. bersabda,“Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka akan Alloh mudahkan jalannya menuju surga.” (HR. Muslim)
Kemudian jalan kedua adalah dengan mujahadah dalam bertaubat. Semakin kita rajin memohon ampunan, semakin kita giat bertaubat, maka semakin bersih hati kita dari noda-noda dosa. Taubat yang sungguh-sungguh akan membawa kita kepada kebeningan hati yang membuat kita mudah menerima hidayah, peka terhadap kebenaran, dan dibimbing Alloh untuk istiqomah di jalan-Nya, semakin haqqul yaqin kepada Alloh Swt.
Jalan ketiga adalah memperbanyak tafakur. Banyak sekali bukti-bukti keagungan Alloh di alam semesta ini, bahkan yang menempel dengan diri kita pun tak terhitung banyaknya. Hanya orang-orang yang mau menafakurinya yang bisa menemukan jati dirinya darimana dan hendak kemana tujuan hidupnya. Maka, sempatkanlah diri kita untuk menafakuri diri sendiri dan berbagai kejadian dalam hidup ini melalui tahajud, melalui muhasabah diri sehingga hari-hari yang kita lewati menjadi jauh lebih bernilai.
Inilah tiga jalan yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan kokoh kepada Alloh Swt. Orang yang giat menambah ilmu, kemudian rajin bertaubat dengan sungguh-sungguh dan diiringi dengan tafakur, insyaa Alloh akan dibimbing Alloh menjadi manusia yang sangat dekat dengan-Nya. Senantiasa merasakan kehadiran Alloh, senantiasa diperhatikan oleh Alloh dalam setiap keadaan. Inilah orang yang beruntung dalam hidupnya, semoga kita termasuk orang-orang yang yakin kepada Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Sumber: http://www.smstauhiid.com/ulama/aagym/jalan-yakin-kepada-allah/

1 komentar: